Jumat, 05 Februari 2021

MENGGELITIK SISWA DI KELAS VIRTUAL

Gambar. Belajar Online Lewat Zoom live ke YouTube. Sumber: Dok. Pribadi

CARA MENGGELITIK SISWA DI KELAS VIRTUAL

 “I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand,”
“Saya mendengar dan saya lupa. Saya melihat dan saya ingat. Saya lakukan dan saya mengerti.” 

Ungkapan di atas adalah pernyataan filsuf Confucius, sekitar 2.500 tahun yang lalu. Meskipun kehidupan telah berubah tak terkira sejak saat itu, ucapan salah satu filsuf legendaris dunia kebenarannya tetap ada hingga kini. Cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukan. Dalam proses pembelajaran jarak jauh, konteks Belajar Dari Rumah (BDR), guru seyogyanya menempatkan dirinya bukan hanya sebatas sebagai pengajar, melainkan mengambil peran sebagai siswa. Ketika guru mampu mencari tahu bagaimana rasanya mengambil posisi sebagai siswa dalam pembelajaran jarak jauh, maka ia akan mampu merancang, meramu dan mempraktikkan pembelajarannya lebih interaktif dan menarik di ruang kelas virtual.

Jalani, Pelajari, dan Gunakan

Seperti halnya seorang penikmat kopi. Kita tidak akan pernah merasakan bagaimana proses kopi itu dari awal hingga menjadi secangkir kopi istimewa jika kita tidak pernah mengalami proses pembibitan, penanaman, perawatan, pemupukan, pemanenan, pengeringan, penyortiran, hingga pengolahan biji-biji kopi pilihan menjadi bubuk kopi yang siap diseduh.

Tantangan guru melayani siswa belajar dari rumah salah satunya adalah bagaimana membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Secara khusus pada bagian ini dalam pembelajaran daring. Sebagai sebuah tantangan, guru perlu mempelajari teknik dan aktivitas mengajar yang tepat. Ini dimaksudkan agar guru mampu “menggelitik” siswanya.

Mengutip National Geographic Learning, interaktif dan menariknya ruang kelas virtual diwujudkan dengan menyediakan konten pelajaran yang menarik dan mencolok secara visual.

Melakukan pembelajaran daring menggunakan media web conference tidak semata-mata guru melakukan ceramah terhadap siswa. Agar lebih menarik, maka guru sebaiknya menyiapkan dokumen presentasi menggunakan Ms PowerPoint. Presentasinya diatur sedemikian rupa agar konten materi yang disajikan mudah dibaca oleh siswa. Salah satunya dengan menampilkan tulisan di slide minimal ukuran hurufnya 18. Pilih jenis huruf yang tebal dan mencolok. Dalam satu slide sebaiknya jangan terlalu banyak kalimat. Cukup poin-poin utamanya saja. Hal ini akan membua siswa mudah untuk menuliskan informasi penting dari materi yang disajikan.

Di samping itu, agar presentasinya lebih menarik, maka tambahkanlah gambar, foto, ilustrasi, atau animasi yang terkait dengan materi pelajaran. Ini penting, gambar bisa mewakili guru dalam menjelaskan. Artinya gambar yang ditampilkan mampu membangun pemahaman siswa. Dengan kata lain gambar tersebut bisa bercerita tentang apa yang guru maksudkan dalam presentasinya.

Presentasi yang monoton cenderung membuat siswa cepat bosan. Maka sebaiknya dilengkapi dengan animasi. Fasilitas ini sudah disediakan oleh Ms Office PowerPoint. Aturlah gambar, kalimat atau pernyataan agar bisa bergerak ketika ditampilkan.

Memaksimalkan

Memaksimalkan “I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand”, maka gelitiklah siswa dengan mengaitkan konten pelajaran dengan lingkungan siswa. Buat korelasi antara materi ajar dengan aktifitas dan pengalaman siswa dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Misalnya, hari ini saya mengajarkan pengenalan tentang pemahaman lirik lagu di kelas XII IPA 4 secara virtual menggunakan Zoom yang saya tautkan secara live ke YouTube. Pada slide presentasi saya sajikan 4 gambar penyanyi yang populer di usia mereka. Saya tampilkan satu per satu, dan mereka mulai memberikan respon dengan mengetikkan nama para penyanyi di kolom komentar YouTube dan Zoom. Respon makin variatif jika para penyanyi itu benar adalah penyanyi favorit mereka.

Pada kesempatan lain siswa mendapat pertanyaan apakah arti dari “mood”? Kata ini adalah kata populer di kalangan remaja saat ini. Jawaban mereka pun variatif, mengingat mood terjadi dalam kehidupan setiap hari. Ketika siswa memberikan respon atas pertanyaan, “What is the song you most likely to sing relate to your particular mood”? Lagu apa yang kemungkinan besar akan Anda nyanyikan terkait dengan suasana hati Anda? Jawabannya bisa dipastikan ramai, siswa akan mengingat salah satu dari sekian banyak lagu yang mereka nikmati selama ini.

Jadi, ketika guru menyajikan materi hanya sebatas ceramah dalam kelas online, istilah “I hear and I forget” banyak terjadi di kalangan siswa. Dengan adanya tampilan materi dalam bentuk slide presentasi yang kreatif dan menarik,  maka siswa lambat laun akan mengatakan, “I see and I remember.” Lalu ketika mereka diberi kesempatan untuk mencatat, membuat dokumentasi dan memberikan respon dalam bentuk kuis atau menjawab pertanyaan sederhana, maka mereka pun secara bertahap akan mengalami, yang nantinya akan berujar, “I do and I understand.”

 


Salam Belajar Dari Rumah

Yulius Roma Patandean

SMAN 5 Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan

NPA. 20020400134

Share:

6 komentar:

  1. Menurut saya, dari semua pelajaran yg sy pelajari selama pandemi ini, pelajaran bahasa Inggrislah yg paling seru.Proses belajarnya menyenangkan dan tidak ada tekanan sama sekali. Jika ada dari kami yang tidak sempat ikut saat pembelajaran atau materi yg diberikan kami kurang pahamii, kami tetap bisa mengakses ulang materi yg diberikan di youtube.Dan hal ini yang paling saya senangi adalah walaupun biasanya kami lambat masuk zoom/live youtube pak guru tetap sabar dan tetap memberikan/menjelaskan materi dengan senang hati.lovv<333

    BalasHapus
  2. Pak Yulius. Pada masa pandemi ini. Pengalaman saya. Siswa menonton vidio tapi mereka ga respon pada tugas😇🤭

    BalasHapus
  3. Menurut saya,pembelajran bhs inggris lh pelajaran yang menyenangkan selama pandemi ini berlangsung, pembelajarannya juga dapat di akses melalui Yt kapan saja jika kita tidak tidak memiliki data. Dan bapak guru yang mengajar juga sangat menyenangkan, kadang memberikan lelucon kepada siswa sehingga pembelajarannya tidak bosan. saya sebagai siswa merasa tidak tertekan selama pembelajaran ini.

    BalasHapus
  4. for me, studying english with sir roma patandean is a amazing learning, happy , laughing, i am very proud to have a teacher creatif, smart, like Mr.Roma Patandean. learning not bored cause we are always happy, and don't forget understand all the material or materi with pleasure.

    BalasHapus

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia