Selasa, 09 Juni 2020

Lupa Beri Judul

Sepanjang hari ini kegiatan saya duduk di depan komputer. Dari pagi hingga sekarang.  Bagusnya lagi, cuaca mendukung, hampir seharian hujan datang menari-nari. Suaranya memekakkan telinga. Maklum atap rumah terbuat dari seng. 

Kegiatan utama hari ini kuliah. Kuliah pascasarjana secara virtual menggunakan Zoom. Ada dua progdi yang digabung kuliahnya hari ini. Digabung oleh karena mata kuliah yang sama. Ada uniknya juga, bertemu dengan kawan-kawan baru yang sebelumnya tak dikenali di kampus. Sayangnya, karena kualitas jaringan internet yang tidak maksimal, maka saya cuma kenal nama di layar Zoom, orangnya tidak kelihatan. 

Terdapat dua kali sesi kuliah. Setengah hari di sesi pagi dan disambung lagi sore harinya. Itu artinya juga saya sudah dua kali mengirimkan tugas refleksi kuliah. Hari ini saya sudah presentasi sebenarnya. Tapi sebatas presentasi materi saja. Saya tidak menjelaskan apa-apa. Kok bisa? Ya, karena saya membantu teman untuk share materi.  Berhubung ada kendala jaringan internet di tempat tinggalnya. Giliran saya dijadwalkan besok pagi. Puji syukur, materi sudah siap tampil.

Kualitas jaringan internet di hampir seantero wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara memang belum baik. Apalagi hari ini ditemani hujan dengan pasukannya yang berlarian tiada henti di atap. Kalau mendung sudah ngintip dan ada kuliah online, maka siap-siap saja masuk dalam kondisi loading atau on off dan on off lagi. 

Esok hari kuliah akan tiga sesi. Ada satu mata kuliah matrikulasi yang harus saya ikuti kuliahnya. Malam ini dosennya sudah kirim materi via podcast dan sekaligus memberitahukan tugas besok. Entah bagaimana proses kuliahnya besok, dijalani saja. Kan semua tentang ilmu pengetahuan. Semua ada faedah dan manfaatnya. 

Besok sore juga ada undangan webinar dari Cambridge University tentang Assessing Reading and Listening Online. Persis waktunya dengan dua mata kuliah. Saya urut jamnya: mata kuliah 1 pukul 14.00, Mata kuliah 2 mulai sekitar sejam kemudian. Sementara webinar dari negerinya Ratu Elizabeth pukul 15.30. Eh, hampir lupa, ada yang selalu setia mengingatkan, kuliahnya Prof. Eko, pukul 14.00. Hmmmm pertempuran sengit suara besok hehehe.

Lagi-lagi tetap dijalani semuanya dengan penuh semangat. Semangat untuk mendapat pengetahuan dan ilmu baru. Mengumpulkan ilmu-ilmu kehidupan yang bermanfaat. Semua sumber daya akan dimaksimalkan besok. Komputer, laptop dan HP. Hotspot HP akan diuji ketangguhannya besok mengangkat 3 kegiatan berbasis web meeting.

Dan penutupnya malam ini, rangkuman resume saya selesai. Omjay, saya kirimkan file PDFnya ya. Tidak banyak Omjay, sekitar 180 halaman saja. Mohon maaf jika hasilnya tidak maksimal. Tapi bagi saya, itu sebuah mata kuliah juga. Bahkan menjalaninya mengalahkan kuliah resmi saya di kampus. Semua tulisan itu rata-rata 10 kali telah saya baca. Yes, satu mata kuliah selesai. 
Pandemi  korona bukan berarti kita tidak aktif. Justru membuat saya lebih aktif dari hari-hari biasanya. Contohnya belajar menulis binaan Omjay ini sebenarnya membantu banyak dalam kuliah saya. Terutama dalam membuat tulisan makalah, artikel, resume, refleksi, dan laporan. Saya lebih mudah merangkai kalimat. Jadinya lebih cepat juga kumpul tugas. Tugas-tugas itu juga sudah ada yang saya posting di blog. Asal sudah dikirim ke dosen, saya simpan di blog. 

Di depan komputer menambah keluarga baru dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri. Setiap situasi ada sisi positifnya. Selalu ada hal lain yang dibawanya. 

Semua yang berproses hari ini, patut disyukuri. Bisa dijalani karena pertolongan-Nya. Hingga kini masih tetap sehat.

Selamat malam.


Share:

2 komentar:

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia