Senin, 25 Mei 2020

MENU SARAPAN KLASIK



Sarapan pagi ini sederhana namun terasa istimewa. Sederhana karena terdiri atas nasi yang dicampur irisan-irisan kecil singkong, segelas mie gelas, bawang goreng khas Palu dan sepotong ikan terbang goreng (ikan gorengnya keburu terbang ke mulut….hehehe). Tak lupa secangkir Kopi Toraja menemani.

Dalam bahasa Toraja bagian selatan, nasi jenis ini disebut “nasu sasa’ doa’ “, artinya nasi yang dicampur dengan irisan singkong sebesar biji jagung. Ide memasak nasi ini muncul selepas pulang dari kampung, dan diberi sekarung kecil singkong oleh ibu saya.

Sampai di rumah, saya kupas dan iris kecil-kecil. Kebiasaan memasak jenis nasi ini selalu saya lakukan sewaktu masih single, belum berkeluarga. Selain ekonomis, nasi ini selalu menggungah selera makan saya. Ada aroma klasik yang khas, perpaduan antara aroma nasi dan singkong, sulit untuk diceritakan aromanya.

Dimakan dengan ikan terbang goreng,…..duh..nikmatnya sampai di ubun-ubun. Sambil mengecap asinnya sayap ikan terbang, nasi pun tiada henti menerobos ke mulut.

Oya, dalam bahasa kami, wilayah Toraja perbatasan Enrekang, ikan terbang kami sebut “kanjilo”. Ikan legendaris pemberi kenikmatan laut bagi masyarakat pedesaan.

Dan…seiring selesainya tulisan ini, ternyata nasi saya telah habis….. mie gelasnya amblas dihantam anak saya…hehehe

Salam dari desa. Salam sehat. Cintai makanan ekonomis kita.


Share:

4 komentar:

  1. wow..sarapan klasiknya...unik dan menarik pak yulius

    BalasHapus
  2. sarapan klasiknya .unik..menarik pak yulius

    BalasHapus
  3. sarapn klasiknya ..unik dan menarik..pak yulius

    BalasHapus
  4. Kopi toraja yg benar2 nikmat pak...selalu terbayang wanginya. Ikan terbang sy blm tau. Pasti enak ya pak?

    BalasHapus

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia