Rabu, 09 Februari 2022

Pembelajaran Berdiferensiasi - Pertanyaan-Pertanyaan Reflektif

 


Apa pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam?

Setelah mengajar kurang lebh 14 tahun, dari tahun 2007 hingga saat ini, begitu banyak pengalaman yang saya alami. Setiap kelas yang saya ajar memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Keunikan ini dimulai dari keunikan berbeda pada setiap siswa. Setiap siswa memiliki keunikan yang sedikit banyak dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, ekonomi, lingkungan dan sosial budaya. Kondisi dari ragam latar belakang inilah yang menciptakan ragam siswa di kelas saya.

Setiap tahun ajaran baru, akan hadir siswa baru dan kelas baru yang saya ajar dengan keragamannya. Katakanlah dalam Kelas X IPA 1 dan Kelas X Bahasa masing-masing terdiri dari 32 siswa, maka pada kelas tersebut terdapat pula masing-masing 32 keragaman. Keragaman mereka nampak dari sikap, sifat, tingkah laku, kecepatan belajar, gaya bicara, respon atas pelajaran, cara berkomunikasi, cara bergaul, dll.

Keragaman mereka memberi saya tantangan untuk bagaimana melayani kebutuhan mereka dengan maksimal. Tidak mungkin saya akan melakukan hanya satu strategi, satu gaya komunikasi satu model pembelajaran atau satu cara penilaian yang sama untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Pada setiap kelas yang saya ajar, hampir semuanya memiliki kenangannya sendiri.  Ada yang meninggalkan kesan ketika saya membantu menyelesaikan masalah “broken home”, pertengkaran bertahun-tahun dengan teman sekelasnya, inisiatif tawuran antar kelas hingga konseling masalah asmara. Semua ini adalah kesan yang selalu saya ingat dan hampir selalu terulang setiap tahun.

 

Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Menurut saya pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan setiap siswa. Dengan kata lain, konsep ini berbicara tentang strategi pendekatan untuk memaksimalkan belajar siswa dengan memahami dan melayani apa yang dibutuhkan setiap siswa. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru untuk mampu memetakan kebutuhan belajar setiap siswa di kelas. Sehingga kecepatan belajar siswa yang berbeda-beda tidak menjadi penghalang bagi guru untuk memaksimalkan layanan belajarnya.

Sekolah Hutan

https://youtu.be/M-UJ8aQaDvA

Setelah menyaksikan video di atas, menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid).


Berdasarkan  video di atas, menurut saya, seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan mempertimbangkan dan memperhatikan setiap karakteristik yang dimiliki oleh anak didik. Pembelajaran seharusnya dirancang untuk memenuhi setiap perbedaan yang dimiliki siswa. Setiap siswa memiliki kecepatan dan kompetensi belajar yang berbeda-beda pula. Evaluasi tidak boleh disamakan untuk semua siswa karena siswa memiliki kecepatan dan kompetensi serta skillnya sendiri. Rancangan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran seharusnya mendorong siswa untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Sehingga dalam kelas IPA, misalnya, siswa tidak mutlak semuanya harus masuk kedokteran atau teknik sipil. Mengapa? Siswa bisa saja memiliki skill yang mumpuni untuk menjadi seorang chef, pemain musik, penyanyi, desainer grafis, dll. Sehingga guru harus memamahim cara layanan yang berbeda kepada setiap anak dengan kebutuhan belajar dan skill yang berbeda.

Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Different= berbeda. Dari kata ini saya masih penasaran seperti apa trik, strategi dan praktik baik pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas, khususnya di kelas dan sekolah saya. Selain itu saya sangat mengharapkan untuk mendapatkan solusi-solusi positif dalam rangka menyelesaikan setiap permasalahan pada anak didik yang berbeda-beda cara, kemampuan dan kecepatan belajarnya.

Share:
Lokasi: Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia