Ilustrasi: Pembelajaran berdiferensiasi mendorong calon guru penggerak untuk konsisten belajar memahami anak didiknya. Sumber: Dok. Pribadi |
Konsep ini akan memandu guru untuk mampu melakukan pendekatan yang lebih personal terhadap setiap kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Tentunya dalam praktik baiknya di kelas akan menghadapi ragam masalah, namun saya percaya bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini akan memberikan ragam solusi pemecahan masalah juga.
Kemampuan seorang guru dalam mengakomodasi
kebutuhan belajar siswanya tentunya harus diimplementasikan bukan hanya di
dalam kelas namun juga harus memberikan efek positif bagi lingkungan sekolah.
Sehingga nantinya guru akan menjadi teladan dalam melakukan praktek-praktek
reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.
Apa yang akan dicapai?
Sebagai Calon Guru Penggerak, kita diharapkan
dan dituntut untuk mampu: (1) mendemonstrasikan pemahaman tentang apa yang
dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan alasan mengapa pembelajaran
berdiferensiasi diperlukan; (2) melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa yang
berbeda; (3) menganalisis penerapan 3 strategi diferensiasi, yaitu: diferensiasi
konten, proses, dan produk; (4) mengimplementasikan rencana pembelajaran
berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah atau kelas di kelas sendiri;
dan (5) menunjukkan sikap kreatif, percaya diri, mau mencoba, dan berani
mengambil risiko dalam menerapkan berbagai ide strategi pembelajaran
berdiferensiasi.
0 komentar:
Posting Komentar