Minggu, 13 Februari 2022

Contoh RPP Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Sumber: Dok. Pribadi.

Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:

  1. Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Jadi bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, namun juga muridnya.
  2. Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya. Bagaimana ia akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda.
  3. Bagaimana mereka menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi. Kemudian juga memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya.
  4. Manajemen kelas yang efektif. Bagaimana guru menciptakan prosedur, rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas. Namun juga struktur yang jelas, sehingga walaupun mungkin melakukan kegiatan yang berbeda, kelas tetap dapat berjalan secara efektif.
  5. Penilaian berkelanjutan. Bagaimana guru tersebut menggunakan informasi yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, murid mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.
Berikut ini satu contoh RPP Berdiferensiasi:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

                                                MATA PELAJARAN : EKONOMI

                                                KELAS                       : 12

I.         Kompetensi Dasar

  • 3.6. Menganalisis titik siklus akuntansi pada perusahaan dagang tahap pencatatan buku besar
  • 4.6. Menyajikan hasil analisis siklus akuntansi pada perusahaan dagang tahap pencatatan buku besar

II.         Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat: Mengidentifikasi, menjelaskan, menentukan dan menganalisis serra menyajikan hasil analisis siklus akuntansi perusahaan dagang pada tahap posting ke buku besar dalam pembangunan ekonomi melalui pengamatan, tanya jawab, kajian pustaka serta dapat berpikir kritis, kreatif, dan mengkolaborasi memahami ide dengan sikap teliti, bertanggungjawab, mandiri, jujur, dan disiplin serta bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

III.         Kegiatan Pembelajaran

    Kegiatan Awal

  • Kegiatan Apersepsi
  • Membuat kesepakatan kelas
  • Melakukan pretest menggunakan aplikasi quizziz
  • Melakukan pemetaan siswa berdasarkan kesiapan belajar
  • Berdasarkan pemetaan tersebut, siswa sikelompokkan berdiferennsiasi, agar siswa dengan kelebihan dapat menjadi tutor sebaya dengan siswa lainnya.

K Kegiatan Inti

  • Guru memberikan stimulus berupa tayangan video lewat LCD terkait dengan materi yang akan dipelajari (tayangan video terkait buku besar.)
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanggapi video tersebut (secara lisan/berbicara langsung, tertulis, karikatur, pengalaman, atau bentuk deskripsi lainnya) dan mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan konten pelajaran yang bisa mereka kaitkan dengan pengalaman sehari-hari. Salah satunya kemudian dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis.
  • Membuat break time untuk forum diskusi kelompok sesuai dengan tema yang sudah dibagikan oleh guru sebagai perwujudan kompetensi sosial dan emosional pengendalian sosial agar setiap siswa saling menghargai satu sama lain.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan dari berbagai sumber untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis.
  • Guru memberikan bimbingan pada saat siswa melakukan pengolahan data sebagai kompetensi sosial dan emosional pengendalian diri membimbing siswa dengan penuh kesabaran dan penuh perhatian.
  • Siswa melakukan presentasi singkat cara melakukan pengolahan data berdasarkan apa yang telah mereka diskusikan.
  • Guru memberikan apresiasi atas presentasi siswa.
  • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran berdasarkan hasil verifikasi.
  • Siswa mengerjakan evaluasi lewat Google Form/Google Classroom

Kegiatan Penutup

  • Siswa melakukan refleksi
  • Guru memberikan apresiasi

Penilaian

Penilaian akan dilakukan secara berkelanjutan dengan menggunakan strategi observasi dan penilaian yang meminta siswa memberikan respon tertentu (selected response assessment). Alat penilaian untuk observasi adalah checklist dan alat penilaian untuk selected response assessment adalah tes tertulis dalam lembar kerja.

Lampiran Penilaian

1    Jurnal Penilaian Sikap

                         Nama Satuan pendidikan      : SMA NEGERI 5 TANA TORAJA

                        Tahun pelajaran                    : 2021/2022

                        Kelas/Semester                     : XII / Genap

                        Mata Pelajaran                      : Ekonomi

 

No

Waktu

Nama

Kejadian/Perilaku

Butir Sikap

Pos/Neg

Tindak Lanjut

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Penilaian Ketrampilan

Teknik dan Instrumen: Unjuk Kerja dan Penilaian Presentasi Hasil Diskusi Kelompok

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN UNJUK KERJA

Kelas : XII

NO

NAMA SISWA

KRITERIA PENILAIAN (SKOR MAKSIMAL

TOTAL SKOR

PENGUASAAN MATERI (40)

PENGUASAAN KELAS (30)

KOMUNIKATIF (30)

dst

 

3.       Penilaian Pengetahuan

Siswa mengerjakan tes tertulis melalui tautan: https://forms.gle/rsoXtTuvP48qMyGn7


Share:
Lokasi: Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia