Pembelajaran berdiferensiasi dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Sumber: Dok. Pribadi.
Sumber: Dok. Pribadi.
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:
- Kurikulum
yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Jadi
bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, namun juga
muridnya.
- Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya.
Bagaimana ia akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi
kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan
sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang
berbeda.
- Bagaimana
mereka menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid
untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar
yang tinggi. Kemudian juga memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa
akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya.
- Manajemen kelas yang efektif. Bagaimana guru menciptakan prosedur,
rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas. Namun juga
struktur yang jelas, sehingga walaupun mungkin melakukan kegiatan yang
berbeda, kelas tetap dapat berjalan secara efektif.
- Penilaian berkelanjutan. Bagaimana guru tersebut menggunakan informasi yang didapatkan dari
proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan
murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, murid mana yang sudah
lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
MATA
PELAJARAN : EKONOMI
KELAS
: 12
I.
Kompetensi
Dasar
- 3.6. Menganalisis titik siklus akuntansi pada perusahaan dagang tahap pencatatan buku besar
- 4.6. Menyajikan hasil analisis siklus akuntansi pada perusahaan dagang tahap pencatatan buku besar
II.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat: Mengidentifikasi,
menjelaskan, menentukan dan menganalisis serra menyajikan hasil analisis siklus
akuntansi perusahaan dagang pada tahap posting ke buku besar dalam pembangunan
ekonomi melalui pengamatan, tanya jawab, kajian pustaka serta dapat berpikir
kritis, kreatif, dan mengkolaborasi memahami ide dengan sikap teliti, bertanggungjawab, mandiri, jujur, dan disiplin serta
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
III.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Kegiatan Apersepsi
- Membuat kesepakatan kelas
- Melakukan pretest menggunakan aplikasi quizziz
- Melakukan pemetaan siswa berdasarkan kesiapan belajar
- Berdasarkan pemetaan tersebut, siswa sikelompokkan berdiferennsiasi, agar siswa dengan kelebihan dapat menjadi tutor sebaya dengan siswa lainnya.
K Kegiatan Inti
- Guru memberikan stimulus berupa tayangan video lewat LCD terkait dengan materi yang akan dipelajari (tayangan video terkait buku besar.)
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanggapi video tersebut (secara lisan/berbicara langsung, tertulis, karikatur, pengalaman, atau bentuk deskripsi lainnya) dan mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan konten pelajaran yang bisa mereka kaitkan dengan pengalaman sehari-hari. Salah satunya kemudian dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis.
- Membuat break time untuk forum diskusi kelompok sesuai dengan tema yang sudah dibagikan oleh guru sebagai perwujudan kompetensi sosial dan emosional pengendalian sosial agar setiap siswa saling menghargai satu sama lain.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan dari berbagai sumber untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis.
- Guru memberikan bimbingan pada saat siswa melakukan pengolahan data sebagai kompetensi sosial dan emosional pengendalian diri membimbing siswa dengan penuh kesabaran dan penuh perhatian.
- Siswa melakukan presentasi singkat cara melakukan pengolahan data berdasarkan apa yang telah mereka diskusikan.
- Guru memberikan apresiasi atas presentasi siswa.
- Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran berdasarkan hasil verifikasi.
- Siswa mengerjakan evaluasi lewat Google Form/Google Classroom
Kegiatan Penutup
- Siswa melakukan refleksi
- Guru memberikan apresiasi
Penilaian
Penilaian akan dilakukan secara berkelanjutan dengan
menggunakan strategi observasi dan penilaian yang meminta siswa memberikan
respon tertentu (selected response assessment).
Alat penilaian untuk observasi adalah checklist
dan alat penilaian untuk selected
response assessment adalah tes tertulis dalam lembar kerja.
Lampiran
Penilaian
1 Jurnal Penilaian Sikap
Nama Satuan pendidikan : SMA NEGERI 5 TANA TORAJA
Tahun pelajaran
: 2021/2022
Kelas/Semester
: XII / Genap
Mata Pelajaran
: Ekonomi
No |
Waktu |
Nama |
Kejadian/Perilaku |
Butir Sikap |
Pos/Neg |
Tindak Lanjut |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Ketrampilan
Teknik dan Instrumen: Unjuk Kerja dan Penilaian Presentasi Hasil Diskusi Kelompok
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN UNJUK KERJA
Kelas : XII
NO |
NAMA SISWA |
KRITERIA PENILAIAN (SKOR MAKSIMAL |
TOTAL SKOR |
||
PENGUASAAN MATERI (40) |
PENGUASAAN KELAS (30) |
KOMUNIKATIF (30) |
|||
dst |
3.
Penilaian
Pengetahuan
Siswa mengerjakan tes tertulis melalui tautan: https://forms.gle/rsoXtTuvP48qMyGn7
0 komentar:
Posting Komentar