Kamis, 21 Mei 2020

KARIR KEDUA, MENGAPA TIDAK!


Memulai jadi blogger dengan Wordpress gratisan sejak 2008 dengan alamat APIQQUANTUM.COM. Lalu 2012 makin aktif sebagai YouTuber di beberapa channel. Dia adalah Agus Nggermanto yang familiar dipanggil Paman Apiq. Ia adalah seorang guru Matematika. Seperti apa Paman Apiq, berikut kisahnya.

AGUS NGGERMANTO : Kenalkan Belajar Matematika Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman APiQ.

Di balik sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan.

Agus Nggermanto, kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3 karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan Aritmetika.

Istilah APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.

Agus sudah menjadi guru sejak sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa SMA yang merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.

Setelah menemukan metode APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal sendiri dan bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari kota Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia. Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.

Di APiQ Agus juga mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.

Agus mengaku, sejak kecil ia sudah menyukai matematika. Tetapi matematika sering menjadi korban fitnah, dianggap sebagai mata pelajaran paling sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus ................................

Semua membahas tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan metode APIQ.

Memang jadi YouTuber lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening. Taksiran penghasilan tiap 1 chanel yang dikelolanya di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan. Intinya, berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar.

TIPS JADI BLOGGER DAN YOUTUBER
Menurut Paman Apiq, pembuat konten sekitar 7000 judul video di YouTube,  terdapat beberapa tips sederhana untuk menjadi seorang blogger sekaligus YouTuber yang profesional, antara lain:
®    Gunakan program gratis. Misalnya, pakai Wordpress dan YouTube.
®    Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya, Anda guru dan penulis matematika, maka fokus di Matematika.
®  Pelajari statistik untuk improvement. Baik Wordpress atau YouTube menyediakan statistik yang berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.
®    Lalu konten kita improve lagi sambil jalan.
®    Penting praktek dulu, lalu perbaiki. Lama-lama akan makin sempurna.
®    Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
®    Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
® Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
®    Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
®  Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic channel lain.
®    Buat video lagi sesuai analytic.
®    Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.

Cara Membuat Konten Kreatif di YouTube
®    Buat konten apa aja
®    Perbaiki dengan konten lebih baru
®    Pelajari statistik analytic yang disediakan YouTube
®    Buat konten lagi yang lebih baik
®    Ulangi lagi

Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak YouTuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.

Dulu ia edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di HP. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.

Makin mahir seorang YouTuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?

Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke YouTube. Video ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan editing. Matangkan persiapan.

Persiapan yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke YouTube. Sukses!

Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.

Ia mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka ia buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.

Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video diisi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.

Cara murah dan efisien memproduksi video adalah:
1.   Siapkan desain ppt,
2.   Buka dengan polaris,
3.   Rekam dengan mobizen.
Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.

Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke YouTube 5 menit juga. Dalam satu hari ia biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk YouTube.

Irama produksi video menjadikan YouTube bahagia. Keuntungan jadi YouTuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi YouTuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah YouTuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.

Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya ia rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur ia kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka ia cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan baginya. Bisa ia kerjakan bisa ia tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah YouTuber. Sukses dan bahagia.

Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?

Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.

Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?

Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah …

Terbentuknya istilah APIQ ini dilandasi berbagi ilmu Matematika dengan mudah dan kreatif. Di masa PSBB, Paman Apiq, fokus membuat konten YouTube.
Ini adalah eksperimen Paman Apiq mengajar matematika tanpa kata sama sekali.

Membuat Channel YouTube
Buka apk YouTube.
®    Klik kanan atas gambar kamera
®    Coba upload 1 video
®    Ikuti petunjuknya, maka sudah jadi channelnya
Disarankan buka di HP, agar lebih mudah.

Semua hal, termasuk mapel bisa menjadi konten yang baik di YouTube. Untuk guru bahasa Inggris, bisa dibuatkan konten baik materi atau tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris. Dan ini global bisa untuk seluruh dunia. Sebagai YouTuber maka kita bisa membuat semua konten tersebut hanya menggunakan HP saja.

Pada konten YouTube vidio 7 detik perkalian cepat, ada perkalian yang langsung dimulai dari ratusan, sedangkan penanaman konsep selama ini mulai dari satuan. Nah, untuk kelas rendah ada yang langsung perkalian ratusan, ada pula mulai dari konsep paling dasar.

Pengalaman paman Apiq menjawab fitnah Matematika sesuai kisahnya, jaman dulu perlu riset panjang. Tapi sekarang lebih mudah. Riset bisa pakai Google dan YouTube sendiri. Sementara kendala utama adalah waktu. Makin lambat memulai, maka makin ketinggalan. Jadi, harus segera aksi, lalu perbaiki.

Membuat YouTube Banyak Penontonnya
Agar banyak nonton maka riset kata kunci di YouTube bisa menjadi langkah kita. Misal ketik "matematika" maka yang muncuk konten apa aja. Kita buat konten yang sesuai tsb. 
Misal ini, karena banyak yang cari kata kunci jarimatika maka Paman Apiq membuat video jarimatika. Konten ini ditonton sebanyak 1,9 juta kali.

Selain itu, buat konten yang menarik yang sedang dicari banyak orang. Sekarang orang pingin tahu kapan tanggal Idul Fitri? Hisab hitungannya bagaimana? Maka dibuatkan video hitungan Idul Fitri. Dalam 1 hari ditonton 19.000 kali. 

Aplikasi Pendukung Pembuatan Konten YouTube.
Diupayakan menggunakan apk gratis dan berkualitas, seperti:
®    Polaris untuk papan digital
®    Mobizen untuk rekam layar dan suara
®    Canva desain gambar
®    Inshot untuk edit video

Semua ini cukup pakai HP mengoperasikannya.
Agar channel mendapat penghasilan dari YouTube, maka harus memenuhi syarat untuk jadi YouTube partner, yaitu subscriber minimal 1000 orang dan minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir. Dengan demikian bisa monet dan dapat uang. Monetise gambar dolar akan muncul jika sudah memenuhi syarat.

Mengapa Karir Kedua Lebih Penting dari Karir Pertama Anda?
Menjadi yang kedua lebih penting dari yang pertama! Kok bisa?
Ini berlaku untuk karir. Anda lebih baik memiliki dua karir dari hanya satu karir dalam hidup Anda. Jelas karena dengan karir kedua maka Anda jadi memiliki dua karir tidak hanya satu karir – khususnya karir profesional di sini.

“Jangankan dua karir, satu pekerjaan saja saya tidak punya!” celetuk seorang pengangguran.

Karir berbeda dengan perkerjaan. Di sini letak masalahnya. Banyak orang mengira bahwa karir adalah memperoleh pekerjaan. Tapi lapangan kerja terbatas. Maka sebagian angkatan kerja menganggur. Akibatnya mereka tidak punya karir sama sekali.

Karir menunjukkan suatau perkembangan atau kemajuan kehidupan profesional Anda. Orang yang punya pekerjaan mungkin saja tidak punya karir karena pekerjaannya mandeg. Tapi orang yang punya karir maka ia pasti punya pekerjaan yang makin maju berkembang. Bahkan jika tidak ada pekerjaan, orang yang punya karir, justru bisa menciptakan pekerjaan baru.

Kabar baiknya, di jaman digital ini, kita lebih mudah untuk mendapatkan dua karir: karir dunia nyata dan karir dunia digital.

Karir dunia nyata. Saya misalnya berkarir untuk menjadi guru matematika plus (lain-lain). Dari awal saya menyusun rencana untuk menjadi guru terbaik tingkat RT atau kampung. Karir selanjutnya adalah saya menciptakan beragam metode belajar matematika yang kreatif dengan balutan nama paman APIQ. Karir bertumbuh meluas lebih dari guru kelas kampung saja.

Karir dunia digital. Karir kedua ini mudah tapi membutuhkan konsistensi. Saya tetap berkarir menjadi guru tetapi di dunia digital. Awalnya saya mengajar melalui tulisan-tulisan yang saya buat di blog gratisan. Internet makin berkembang maka saya menjadi guru matematika digital sebagai youtuber. Karir digital ini tampaknya terus makin berkembang, semoga.

Bila saya mengajar di dunia nyata biasanya hanya bisa mengajar siswa puluhan orang saja dalam satu hari. Sedangkan melalui dunia digital saya bisa mengajar ratusan ribu siswa setiap harinya. Wow…dampak kemajuan teknologi.

Jadi, apa karir kedua Anda?

KESIMPULAN
® Kita harus berani menentukan karir kedua, misalnya menjadi blogger atau YouTuber.
®    Jika membuat konten, harus konsisten di improvement.
®    Utamakan membuat konten, bukan mengedit konten.
®    Buat konten apa saja dan upload.
®  Agar konten banyak viewer dan pengunjung maka buat konten yang menjadi trending atau sedang dicari orang.
® Agar channel YouTube memberi penghasilan tambahan, maka subscriber minimal 1000 dan viewer minimal 4000 setahun.

LAMPIRAN
https://pamanapiq.com/2019/10/30/mengapa-karir-kedua-lebih-penting-dari-karis-pertama-anda/
Share:

4 komentar:

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia