Memulai
jadi blogger dengan Wordpress gratisan sejak 2008 dengan alamat
APIQQUANTUM.COM. Lalu 2012 makin aktif sebagai YouTuber di beberapa channel. Dia
adalah Agus Nggermanto yang familiar dipanggil Paman Apiq. Ia adalah seorang
guru Matematika. Seperti apa Paman Apiq, berikut kisahnya.
AGUS NGGERMANTO : Kenalkan Belajar Matematika
Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman APiQ.
Di balik sosoknya yang rendah hati,
lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia
bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ (Aritmatika
Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk
menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di
tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah
dan menyenangkan.
Agus Nggermanto, kini akrab dipanggil
Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan metode APiQ.
Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya dengan
istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas
Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3
karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing
karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan
Aritmetika.
Istilah APiQ sendiri ia munculkan
sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Agus
masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ
adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak.
Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan menjadikan
anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan
dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan
berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan
menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus
melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri Tanah Air
untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi guru sejak sekolah
menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa SMA yang
merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil
mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta
menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di
sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia
temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika
bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus
berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan
siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan metode APiQ, Agus
lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal sendiri dan bekerja sama dengan
beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari kota Bandung, kemudian
menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia. Keunggulan utama
APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan cara mudah dan
cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi senang dengan
metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai matematika 100
setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke pelajaran lain
semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Agus juga mengembangkan game
matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak dan
menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal ini bukanlah
selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game orisinal ini
maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai
jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat
menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan
menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya
diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak kecil ia sudah
menyukai matematika. Tetapi matematika sering menjadi korban fitnah, dianggap
sebagai mata pelajaran paling sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus
................................
|
Dari
channel-channel YouTubenya ini https://youtube.com/pamanapiq
https://youtube.com/edujiwa https://apiQQuantum.com
Semua
membahas tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan
metode APIQ.
Memang
jadi YouTuber lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening. Taksiran
penghasilan tiap 1 chanel yang dikelolanya di atas sekitar 100 sd 2000 dolar
per bulan. Intinya, berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar.
TIPS JADI BLOGGER DAN YOUTUBER
Menurut
Paman Apiq, pembuat konten sekitar 7000 judul video di YouTube, terdapat beberapa tips sederhana untuk
menjadi seorang blogger sekaligus YouTuber yang profesional, antara lain:
®
Gunakan
program gratis. Misalnya, pakai Wordpress dan YouTube.
®
Kembangkan
konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya, Anda guru dan penulis matematika,
maka fokus di Matematika.
® Pelajari
statistik untuk improvement. Baik Wordpress
atau YouTube menyediakan statistik yang berlimpah. Maka konten bisa terus
mengalir.
®
Lalu
konten kita improve lagi sambil jalan.
®
Penting
praktek dulu, lalu perbaiki. Lama-lama akan makin sempurna.
®
Temukan
cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
®
Temukan
cara meningkatkan kualitas konten video.
® Temukan
cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
®
Temukan
irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
® Gali
lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic channel lain.
®
Buat
video lagi sesuai analytic.
®
Fokuskan
ke dampak positif kepada masyarakat luas.
Cara Membuat Konten Kreatif di YouTube
®
Buat
konten apa aja
®
Perbaiki
dengan konten lebih baru
®
Pelajari
statistik analytic yang disediakan YouTube
®
Buat
konten lagi yang lebih baik
®
Ulangi
lagi
Cara
meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak YouTuber pemula
mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita
hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup
optimal.
Dulu
ia edit video pakai camtasia, di
komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot
di HP. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen
editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat
video dengan mobizen lalu buka video
dengan mobizen. Ada pilihan edit –
gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.
Makin
mahir seorang YouTuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri
berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?
Tingkatkan
kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka
kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke YouTube.
Video ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan
editing. Matangkan persiapan.
Persiapan
yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi
dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen.
Upload ke YouTube. Sukses!
Meningkatkan
kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan
komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi
yang lebih baik dari itu.
Ia
mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah
– bukan cara yang hebat dan sulit. Maka ia buat video dengan konten matematika
cara mudah. Sukses.
Penonton
ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video diisi dengan pertanyaan
ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal
mudah itu sekaligus menulis komen.
Cara
murah dan efisien memproduksi video adalah:
1. Siapkan desain ppt,
2. Buka dengan polaris,
3. Rekam dengan mobizen.
Anda
mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
Untuk
memproduksi satu video durasi 5 menit maka perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam
5 menit, dan upload ke YouTube 5 menit juga. Dalam satu hari ia biasanya
memproduksi 3 – 5 video untuk YouTube.
Irama
produksi video menjadikan YouTube bahagia. Keuntungan jadi YouTuber adalah kita
bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi YouTuber lalu stress karena
kejar tayang itu rugi besar. Jadilah YouTuber sekaligus bersenang-senang.
Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.
Irama
produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama
konsisten juga. Misalnya ia rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari.
Bila hari libur ia kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang
sibuk dengan suatu kerjaan lain maka ia cukup produksi 1 video saja atau tidak
sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan baginya. Bisa ia kerjakan bisa ia
tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah YouTuber. Sukses dan bahagia.
Dalami
analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada
kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon
mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video
Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?
Analytic
memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic
untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.
Video
baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat
video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang
banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa
ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari
analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan
video cara mudah …
Terbentuknya
istilah APIQ ini dilandasi berbagi ilmu Matematika dengan mudah dan kreatif. Di
masa PSBB, Paman Apiq, fokus membuat konten YouTube.
Ini
adalah eksperimen Paman Apiq mengajar matematika tanpa kata sama sekali.
Membuat Channel YouTube
Buka
apk YouTube.
®
Klik
kanan atas gambar kamera
®
Coba
upload 1 video
®
Ikuti
petunjuknya, maka sudah jadi channelnya
Disarankan
buka di HP, agar lebih mudah.
Semua
hal, termasuk mapel bisa menjadi konten yang baik di YouTube. Untuk guru bahasa
Inggris, bisa dibuatkan konten baik materi atau tentang bagaimana cara belajar
bahasa Inggris. Dan ini global bisa untuk seluruh dunia. Sebagai YouTuber maka
kita bisa membuat semua konten tersebut hanya menggunakan HP saja.
Pada
konten YouTube vidio 7 detik perkalian cepat, ada perkalian yang langsung
dimulai dari ratusan, sedangkan penanaman konsep selama ini mulai dari satuan.
Nah, untuk kelas rendah ada yang langsung perkalian ratusan, ada pula mulai
dari konsep paling dasar.
Pengalaman
paman Apiq menjawab fitnah Matematika sesuai kisahnya, jaman dulu perlu riset
panjang. Tapi sekarang lebih mudah. Riset bisa pakai Google dan YouTube sendiri.
Sementara kendala utama adalah waktu. Makin lambat memulai, maka makin
ketinggalan. Jadi, harus segera aksi, lalu perbaiki.
Membuat YouTube Banyak Penontonnya
Agar
banyak nonton maka riset kata kunci di YouTube bisa menjadi langkah kita. Misal
ketik "matematika" maka yang muncuk konten apa aja. Kita buat konten
yang sesuai tsb.
Misal
ini, karena banyak yang cari kata kunci jarimatika maka Paman Apiq membuat
video jarimatika. Konten ini ditonton sebanyak 1,9 juta kali.
Selain
itu, buat konten yang menarik yang sedang dicari banyak orang. Sekarang orang pingin tahu kapan tanggal Idul Fitri? Hisab hitungannya bagaimana?
Maka dibuatkan video hitungan Idul Fitri. Dalam 1 hari ditonton 19.000 kali.
Aplikasi Pendukung Pembuatan Konten YouTube.
Diupayakan
menggunakan apk gratis dan berkualitas, seperti:
® Polaris untuk papan digital
® Mobizen untuk rekam layar dan suara
® Canva desain gambar
® Inshot untuk edit video
Semua ini cukup pakai HP mengoperasikannya.
Agar
channel mendapat penghasilan dari YouTube, maka harus memenuhi syarat untuk jadi
YouTube partner, yaitu subscriber minimal 1000 orang dan minimal 4000 jam
tayang dalam 1 tahun terakhir. Dengan demikian bisa monet dan dapat uang. Monetise
gambar dolar akan muncul jika sudah memenuhi syarat.
Mengapa Karir Kedua Lebih Penting dari
Karir Pertama Anda?
Menjadi
yang kedua lebih penting dari yang pertama! Kok bisa?
Ini
berlaku untuk karir. Anda lebih baik memiliki dua karir dari hanya satu karir
dalam hidup Anda. Jelas karena dengan karir kedua maka Anda jadi memiliki dua
karir tidak hanya satu karir – khususnya karir profesional di sini.
“Jangankan
dua karir, satu pekerjaan saja saya tidak punya!” celetuk seorang pengangguran.
Karir
berbeda dengan perkerjaan. Di sini letak masalahnya. Banyak orang mengira bahwa
karir adalah memperoleh pekerjaan. Tapi lapangan kerja terbatas. Maka sebagian
angkatan kerja menganggur. Akibatnya mereka tidak punya karir sama sekali.
Karir
menunjukkan suatau perkembangan atau kemajuan kehidupan profesional Anda. Orang
yang punya pekerjaan mungkin saja tidak punya karir karena pekerjaannya mandeg.
Tapi orang yang punya karir maka ia pasti punya pekerjaan yang makin maju
berkembang. Bahkan jika tidak ada pekerjaan, orang yang punya karir, justru
bisa menciptakan pekerjaan baru.
Kabar
baiknya, di jaman digital ini, kita lebih mudah untuk mendapatkan dua karir:
karir dunia nyata dan karir dunia digital.
Karir
dunia nyata. Saya misalnya berkarir untuk menjadi guru matematika plus
(lain-lain). Dari awal saya menyusun rencana untuk menjadi guru terbaik tingkat
RT atau kampung. Karir selanjutnya adalah saya menciptakan beragam metode
belajar matematika yang kreatif dengan balutan nama paman APIQ. Karir bertumbuh
meluas lebih dari guru kelas kampung saja.
Karir
dunia digital. Karir kedua ini mudah tapi membutuhkan konsistensi. Saya tetap
berkarir menjadi guru tetapi di dunia digital. Awalnya saya mengajar melalui
tulisan-tulisan yang saya buat di blog gratisan. Internet makin berkembang maka
saya menjadi guru matematika digital sebagai youtuber. Karir digital ini
tampaknya terus makin berkembang, semoga.
Bila
saya mengajar di dunia nyata biasanya hanya bisa mengajar siswa puluhan orang
saja dalam satu hari. Sedangkan melalui dunia digital saya bisa mengajar
ratusan ribu siswa setiap harinya. Wow…dampak kemajuan teknologi.
Jadi,
apa karir kedua Anda?
KESIMPULAN
® Kita
harus berani menentukan karir kedua, misalnya menjadi blogger atau YouTuber.
®
Jika
membuat konten, harus konsisten di improvement.
®
Utamakan
membuat konten, bukan mengedit konten.
®
Buat
konten apa saja dan upload.
® Agar
konten banyak viewer dan pengunjung maka buat konten yang menjadi trending atau
sedang dicari orang.
® Agar
channel YouTube memberi penghasilan tambahan, maka subscriber minimal 1000 dan
viewer minimal 4000 setahun.
LAMPIRAN
https://pamanapiq.com/2019/10/30/mengapa-karir-kedua-lebih-penting-dari-karis-pertama-anda/
Lengkaap pak..sip
BalasHapusMantul skli pak
BalasHapusMantul skli pak
BalasHapusMantul skli pak
BalasHapus