Kamis, 30 April 2020

Menulis Buku Motivasi dan Kepemimpinan-Menembus Penerbit Nasional


Bapak Amir Faisal. Beliau adalah Seorang Trainer sekaligus motivator nasional yang sudah terkenal di Indonesia. Buku-buku yang beliau tulis juga cukup banyak. Kita bisa membacanya di blog beliau https://www.spiritualquantum.com/about/.

Pemilik channel YouTube https://www.youtube.com/watch?v=-VRlzTu_O4M&feature=youtu.be ini berkisah tentang  pengalaman menjadi penulis Gramedia, selain itu menulis di Change Publisher (Penerbit Buku Rhenald Kasali), dan sejumlah penerbit lainnya. Latar belakang beliau tidak berkaitan sama sekali dengan dunia tulis-menulis dan dunia pendidikan. Mengapa demikian? Sejak lulus perguruan tinggi, beliau langsung masuk dunia profesional. Bekerja di bagian marketing perusahaan nasional selama kurang lebih 8 tahun. Kemudian memilih resign dan membuka usaha sendiri. Merasa capek oleh pekerjaan sendiri, akhirnya mencoba dunia baru di konsultan. Menulis buku untuk memperkuat layanan konsultasinya dan buku-bukunya diterbitkan di Gramedia.

Jadi pengalaman sebagai penulis, tidak ada sama sekali hubungan dengan latar belakang profesional itu, sebagai seorang pengusaha UKM, pindah ke consulting/konsultan/pembicara.

Training pertama untuk melayani anak-anak. Khususnya siswa SMP dan SMA serta mahasiswa. Satu hal yang berkesan dari beliau adalah buku yang diterbitkan penerbit skala nasional akan ikut juga menjadikan sang penulis buku menjadi pembicara tingkat nasional. Hal ini sesuai pengalamannya. Begitu terbit buku pertamanya yang berjudul Menyiapkan Anak Jadi Juara oleh Penerbit Gramedia. Maka sejak saat itu pula, beliau dipanggil ke mana-mana untuk jadi pembicara.

Buku Menyiapkan Anak Jadi Juara telah menjadi buku best seller di Gramedia, dalam rentang 2 bulan telah masuk cetakan kedua. Luar biasa! Padahal buku ini ditulis oleh seseorang yang bukan penulis buku. Buku yang ditulis oleh seorang mandor proyek.

Pak Amir menulis Buku Menyiapkan Anak Jadi Juara terinspirasi dari: 1) Ketika beliau memberikan motivasi pada anak-anak sekolah, beliau merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya motivator anak-anak adalah gurunya sendiri. Apalah artinya kehadiran dirinya yang hanya 4 - 5 jam,  dibanding para guru yang membimbing selama 3 tahun; 2) Beliau membandingkan kedua anaknya,  yang kebetulan yang satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner-up.

Dapat dipetik dari pengalamannya bahwa manfaat menulis adalah bisa menjadi personal branding. Jadi kita harus dikenal lewat tulisan. Salah satunya menulis buku dan diterbitkan oleh penerbit nasional seperti Gramedia yang memiliki ribuan outlet di Indonesia. Keuntungan menulis di Gramedia, dimisalkan seperti ini,,sejelek-jeleknya buku kita, buku bisa bertahan selama 6 bulan. Misalnya, jika selama 6 bulan ada sirkulasi penjualan buku dari outlet, ada yang membeli dan ada dialing order, maka kita bisa berharap bahwa buku bisa dipajang selama enam bulan lagi ke depan. Namun jika selama 6 bulan itu tidak ada sirkulasi maka 6 bulan berikutnya, buku ditarik dari toko. Menurut pak Amir Faisal, di toko Gramedia, misalnya, jika selama 2 minggu buku tidak bergerak, artinya tidak laku, maka buku akan di drop dari toko. Artinya karir sebagai penulis nasional tinggal impian.

Pria jangkung ideal ini pernah pula menulis buku Think Like a Millionaire. Buku edisi ke 9 dari 15 buku yang telah ditulisnya. Buku ini diterbitkan oleh Change Publisher. Buku ini bertahan selama 2 tahun dan bertahan sebagai best seller di sejumlah toko buku. Sebuah pencapaian yang fantastis menurut saya. Dengan latar belakang non-pendidikan mampu menghasilkan karya yang bombastis di dunia pasaran buku dan di era transformasi digital.

Next notices beliau dari pengalaman sebagai penulis yakni mengingatkan para penulis pemula atau siapapun yang cinta menulis bahwa Penerbit Gramedia adalah sebuah korporasi bisnis. Artinya orientasinya menjual, pasar, mencari keuntungan untuk membiayai perjalanan perusahaan bersama karyawan-karyawannya. Dalam hal ini, jika buku yang kita tulis tidak bisa dijual artinya buku kita tidak bisa memberi keuntungan ke Gramedia. Perlu diberi perhatian khusus juga bahwa buku yang dicari penerbit adalah buku yang disukai oleh pasar. Jadi perlu penelitian khusus di pasaran buku.

“Tentukan passion kita/genre kita dalam menulis.”, pesan pak Amir. Setelah itu cari di Gramedia model bacaan yang disukai konsumen. Nah, itu merupakan salah satu metode yang akan dipadukan dengan gaya menulis kita.

Semua penerbit punya kriteria masing-masing tentang tulisan. Selanjutnya, penerbit berpikir pasar. Penerbit mampu mengetahui keinginan konsumen buku, salah satunya dengan membagi questionnaire ke pembaca/pengunjung Gramedia tentang buku apa yang disukai. Pak Amir menambahkan bahwa buku yang paling laris di Gramedia adalah novel. Buku kedua terlaris  yakni buku tentang traveling, apalagi buku gabungan novel dan traveling. Terlaris ketiga adalah buku komik. Terlaris keempat adalah buku motivasi. Diikuti buku digital marketing dan buku-buku lainnya. Novel motivasi bisa jadi novel yang laris, atau genre kita pada cerita anak-anak, roman, psikologi, motivasi, traveling, dsbnya. Jangan lupa untuk membaca novel-novel terbitan Gramedia. Lewat cara ini bisa dipelajari kriteria dari penerbit. Kemudian kita beli beberapa yang genrenya cocok dengan gaya menulis kita. Bahkan, true story bisa juga diterbitkan asal fenomenal. Misalnya, pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebutuhan khusus, pada anak-anak miskin, anak-anak di rumah singgah, dll. Adapun buku yang sering diobral penerbit adalah buku-buku terbitan lama, tidak laku dan isunya sudah lama.

Masih dari pengalaman pak Amir, Penerbit Gramedia cenderung tidak mau jika tulisan terlalu tebal. Paling penting adalah kualitas tulisan,  genre dan buku itu disukai pasar atau tidak. Penuhi kriteria penerbit. Sejak awal menulis hingga sekarang,  beliau mengirimkan full naskah ke penerbit. Beliau juga menitipkan untuk mencoba tema yang tidak banyak teori. Semakin banyak hal-hal praktis semakin baik, artinya menarik perhatian banyak orang. Buku pertama beliau selesai sekitar setahun. Buku kedua fixed sekitar 6 bulan. Saat ini karena kategori telah master, maka sebuah buku bisa selesai dalam 2 bulan.

Sambungnya pula, kajian pustaka itu sifatnya hanya penguatan. Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan, atau gagasan kita sendiri.
Satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan para penulis, Penerbit Gramedia tidak menerbitkan buku pelajaran.

Menyimak pengalaman seorang pengusaha menjadi penulis, pastinya makin membuat penasaran, maka mari kita lanjutkan mencerna titisan pak Amir. Beliau membuat tantangan sendiri untuk memberi training ke guru. Kata pak Amir, “Ini gila, tidak tahu ilmu pendidikan berani mentraining guru?”

Dari mana beliau belajar sehingga mampu mengubah mindsetnya. Inilah rahasianya. Beliau belajar dari buku-buku pendidikan mutakhir karya Bobbi De Porter, Barbara Prashnig,  buku-buku psikologi karya dr. Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong serta ikut training binaan pak Munib Khatib, Sekolahnya Manusia. Lanjutnya, untuk sukses menjadi penulis, intinya tentukan dulu visi / dream kita, kenapa ingin jadi penulis. Lalu hadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani.

Agar buku sukses di pasar, disarankan untuk penulis juga harus gigih ikut marketing lewat media sosial, memberikan pelatihan gratis. Membagi buku-bukunnya pada key person / influencer, seperti yang telah dilakukan founder kuliah lewat grup WA ini, bapak Wijaya Kusumah alias Omjay.

Pak Amir juga pernah menjumpai kendala bathin, yakni terdapat dua bukunya yang hingga kini tidak diterbitkan. Namun, beliau tidak patah semangat, buku-buku tersebut beliau jadikan sebagai identifikasi masalah.

Dari pengalaman beliau dapat disimpulkan bahwa kunci sukses jadi penulis adalah:
  • Tentukan passion of life.
  • Temukan Life Cycle diri kita.
  • Cari expertise dan specialties. Kalau perlu keunikannya.

Ah, tidak sabar menanti tema Mengubah Mindset Menulis dan Hypnowriting, sebuah tema yang akan banyak membantu menginspirasi para penulis.

SELAMAT MENULIS.

Share:

3 komentar:

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia