Jumat, 17 April 2020

Menulis Artikel di Majalah Suara Guru PB PGRI



                                                                         
Salam teman-teman guru se-Indonesia.

Demikianlah sapaan hangat dari bapak Dr.Jejen Musfah,M.A, beliau adalah Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI, sebuah majalah tentang guru yang majalahnya terdistribusi ke seluruh Indonesia.

Menurut pak Jejen, opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang terjadi. Artinya, opini tidak akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta pendidikan selalu hadir. Tapi tidak smua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi. Guru adalah praktisi.

Adapun tentang Majalah Majalah Suara Guru PB PGRI, ini adalah majalah yang usianya setua PGRI sendiri. Sudah puluhan tahun. Terkait tulisan, tulisan bisa dimuat di online dan offline. Majalah dicetak 5000 buah dan  dibagikan ke hampir 34 provinsi di seluruh Indonesia. Rubriknya beragam, antara lain : Opini, Resensi, Sastra, Destinasi, dll.
Sejumlah syarat dalam mengirimkan artikel ke redaksi majalah guru:

  1. Menyebutkan status dan foto
  2. Tulisannya bisa sesuai rubrik yang ada di majalah
  3. Diutamakan bidang pendidikan dengan isu-isu yang hangat
  4. Naskah berkualitas cenderung diterima dengan melalui proses editing redaktur

Tambahan infromasi lainnya tentang kriteria penulisan di Majalah Suara Guru PB PGRI adalah diutamakan pendidikan, tulisan tentang pendidikan mutakhir, tulisan berupa karya sastra atau teori dari karya sastra, tulisan opini maksimal 1000 kata, gagasan orisinil, dan bukan hasil plagiarisme.

Dalam mengirim artikel ke Majalah Suara Guru PB PGRI  tidak dikenakan biaya alias free. Untuk keperluan dokumentasi, bisa download Majalah Suara Guru PB PGRI  yang versi online. Contoh-contoh tulisan bisa dibaca di web http://suaraguruonline.com/suara-guru-rapat-virtual-perdana/

Naskah tulisan yang telah dikirim, untuk versi online dalam hitungan jam bisa terbit sedangkan versi majalah terbit tiap dua (2) bulan sekali. Untuk mengetahui apakah naskah yang dikirimkan sudah terbit atau tidak, bisa dicek melalui website atau dikirimkan link oleh tim redaksi.
Ternyata tidak ada jadwal entri terhadap jenis artikel yang akan dicetak di Majalah Suara Guru PB PGRI  karena selama masih cenderung kekurangan naskah. Adapun persyaratan sebuah artikel agar dapat dinilai dalam DUPAK Guru untuk kenaikan pangkat, pak Jejen menambahkan bahwa untuk nilai angka kredit, membutuhkan lampiran artikel yang dimuat.
Demikian secercah hasil galian harta karun tentang penulisan di Majalah Suara Guru PB PGRI.

Bagi rekan-rekan guru yang rindu mengirimkan tulisan ke Majalah PGRI bisa kirimkan ke email majalah.suaraguru@gmail.com 

Hidup Guru!
Hidup PGRI!
Solidaritas!



Yulius Roma Patandean
SMAN 5 Tana Toraja
Share:

2 komentar:

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia