Selasa, 21 April 2020

Pembelajaran Daring yang Ideal

Mengawali tulisan ini, saya ingin menyampaikan SELAMAT HARI KARTINI buat para wanita tangguh di Indonesia. SELAMAT HARI KARTINI buat para ibu pendidik dari semua jenjang di seluruh Indonesia. SELAMAT HARI KARTINI yang spesial buat ibuku, mertuaku, istriku dan saudari-saudari perempuanku. Ucapan yang sama teruntuk para ibu guruku dari jenjang SD hingga SMA, ibu dosenku selama pendidikan S1 dan saat ini di Pascasarjana. Tak lupa SELAMAT HARI KARTINI bagi para calon ibu KARTINI baru di bumi Nusantara.

Materi malam ini kembali disajikan oleh founder kondang Belajar Menulis lewat Grup WA, bapak Wijaya Kusumah. Kembali saya menyapanya dengan sapaan berlabel Omjay. Omjay sebelumnya telah share materi di grup WA Grup Belajar Menulis Gel. 8&9. Selanjutnya Omjay mengajak peserta untuk tatap wajah virtual via aplikasi web meeting paling populer, ZOOM Cloud Meeting.

Pada materi kali ini, Omjay sharing sejumlah slide terkait metode belajar secara online, kuliah online, berdagang online, seminar online seperti yang diselenggarakan Prof. Eko Indrajit lewat Channel Ekoji di YouTube, hingga cara masuk website kartu pra kerja secara online.

Meeting via ZOOM, dengan host Omjay, diikuti kurang lebih 56 peserta yang timbul tenggelam (dihempas ombak hehehe). Data dari tampilan speaker view, peserta belajar menulis gelombang 8&9 dapat disimpulkan bahwa mereka semua guru-guru yang paling cantik dan paling ganteng dari daerahnya masing-masing. Semua membawa keunikan masing-masing, ada yang serius melototin kamera laptopnya...pandangannya terus ke bawah...hampir tak berkedip, hingga lupa bahwa ada yang di atas....hehehe... tak lupa saya menemukan nama-nama unik, seperti Android Bluedroid, Personal, USER, Minar Memory hingga asitaspd@gmail.com... Wah ... ternyata ZOOM mampu mengubah label peserta..luar biasa...hehehehe.

Dalam sharing, Omjay mengingatkan bahwa sertifikat  pelatihan ini gratis dan dikirimkan ke email masing-masing. Selain itu, beliau menitipkan bahwa tiap orang punya gaya menulis sendiri. Tulisan yang diterbitkan harus bebas plagiasi. Semoga semua peserta bisa menyelesaikan tulisan, bukunya terbit dan sertifikatnya ditandatangani ibu ketua Umum PB PGRI. Omjay juga menambahkan agar para guru menggunakan teknologi yang dimiliki dalam menyampaikan pembelajaran selama masa belajar dari rumah. Kalau perlu tugas dikirim ke rumah siswa yang tidak memiliki fasilitas gawai dan internet untuk belajar online.

Dan....... tiba-tiba ZOOM versi FREE menghilang tanpa pamit dari peredaran setelah 40 menit pada sesi ini. Tak lupa si ZOOM mengirimkan pesan UPDATE AVAILABLE!
So, mari kita kembali ke materi yang telah dishare Omjay via grup WA tentang Pembelajaran Daring yang Ideal. Omjay memberikan kata-kata kunci pada tiap slide seputar metode dan nasehat belajar daring. Pesan penting di awal slide adalah “Jangan Menunggu Ide Datang Lalu Baru Menulis, Menulislah Dulu Maka Ide Akan Datang Padamu.” (BUDIMAN HAKIM).

Omjay mendorong kita untuk Buku Digital atau Buku Cetak? Maka jawabannya adalah Mulailah Membuat Buku Digital. Cara biasa mengajar di dunia nyata adalah menjelaskan materi lewat LCD proyektor dan belajar di sekolah di lab komputer. Marilah menggunakan WA grup untuk belajar menulis...(tentunya bersama Omjay). Belajar menulisnya pakai apa? Pakai ZOOM, workshop e-learning, belajar dari rumah seperti di sekolah menggunakan jaringan.

Motivasi-motivasi dari Omjay disajikan dalam bentuk penggalan informasi di slide, seperti Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google, Pengenalan SEO dari M. Ilman Akbar (Skill Academy), Belajar dari Pedagang Kurma, Pengurus PGRI Bertemu Menteri dan Workshop Online yang Menarik.

Disisipkan pula pesan penting terkait Covid-19, yakni Virus Corona dan Dampaknya, dan sebuah seruan untuk membantu Kemendikbud menjadikan program Belajar Dari Rumah (BDR) di TVRI lebih baik dan menyenangkan untuk kamu. Ikuti survei evaluasi program BDR di TVRI secara online dengan membuka laman s.id/surveibdr atau lewat survei SMS gratis dengan mengetik BDR kirim ke 93456. Kita juga diingatkan untuk jangan luma mengajak orangtua dan dan para guru!


MARILAH MENULIS, MENULIS DAN MENULIS UNTUK MENGHASILKAN BUKU.
Salam,

Yulius Roma Patandean
SMAN 5 Tana Toraja
Share:

16 komentar:

  1. So, mari kita kembali ke materi yang telah dishare Omjay via grup WA tentang Pembelajaran Daring yang Ideal. Omjay memberikan kata-kata kunci pada tiap slide seputar metode dan nasehat belajar daring. Pesan penting di awal slide adalah “Jangan Menunggu Ide Datang Lalu Baru Menulis, Menulislah Dulu Maka Ide Akan Datang Padamu.” (BUDIMAN HAKIM).

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan menulis kita jadi tau apa yang kita mau karena kita menulis dengan hati

      Hapus
  2. Mantap Bang Roma Patandean, cepat banget ngeresumnya

    BalasHapus
  3. sAYA SUDAH BUKA ZOOM PADA LEPTOB SAYA TAPI SUSAH UNTUK MENGAKSESNYA SAYA BUTUH BANTUAN, BAGAIMANA CARANYA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan internetnya lancar,sinyalnya kuat,insya allah pasti terbuka,terimakasih

      Hapus
  4. Keren pak... Sya mo lihat dlide nya dl..td ga bs masuk zoom..

    BalasHapus
  5. Mantap Pak... Ada bagian yang sangat menarik perhatian saya.... hhh

    BalasHapus
  6. Bagus tulisaannga. Sy batu bisa masuk ketika tanya jawab. Awalnya gangguan. Mampir cakinin.blogspit.com

    BalasHapus
  7. sayangnya, saya nggak bisa masuk.... mantap sekali.. seru pasti..
    terimakasih telah berbagi..

    BalasHapus

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia