Selasa, 12 April 2022

Studi Kasus Apa Yang Harus Aku Lakukan

Modul 3.1. Studi Kasus Apa Yang Harus Aku Lakukan



Apa keputusan yang Anda ambil?
Saya akan melakukan pengujian benar atau salah melalui uji intuisi, bahwa aktiftas siswa dan para ibu-ibu sebenarnya memuat sesuatu yang keliru. Kemudian, saya juga akan mempertimbangkan diri saya jangan sampai saya dicurigai memperbesar sebuah masalah yang mungkin tidak dipermasalahkan oleh tuan rumah, terlebih menjaga perasaan jangan sampai yang saya tegur adalah anak pimpinan dan anak tuan rumah, yang nantinya justru mempengaruhi kinerja saya. 

Prinsip mana yang  Anda gunakan, dan mengapa?

Prinsip yang saya gunakan adalah prinsip Berpikir Berbasis Rasa Peduli. Hal ini saya ambil karena merokok sangat tidak disarankan, terutama bagi siswa, selain merusak kesehatan juga mempengaruhi manajemen pribadi terkait perilaku sosial dan keuangan.

Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Empati, Suara Hati, Kontrol Diri, Rasa Hormat, Kebaikan, Toleransi, dan Keadilan

Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut?

Guru, siswa, pimpinan dan komite sekolah (orang tua/wali siswa)

Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?

Merokok tidak baik untuk siswa.

Merokok merusak kesehatan dalam hal ini keselamatan.

Enggan menegur.

Dilema.

Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)

Tidak ada.

Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)

Tidak ada.

Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)

Ada. Saya ingin menegur karena aktifitas yagn terjadi tidak sesuai dengan prinsip dalam diri saya. Kemudian, jika saya lakukan, mungkin saja saya akan mendapatkan reaksi negatif.

Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di halaman depan koran? Apakah anda merasa nyaman?

Saya merasa baik-baik saja, walaupun itu nadanya mungkin ada yang merasa dirugikan.

Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

Ia akan mendukung keputusan yang saya ambil.

Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?

Hadirnya dilema etika lewat paradigma individu lawan masyarakat dan paradigma jangka pendek lawan jangka panjang.

Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?

Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) 

Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?

Ada. Melakukan coaching pada diri saya sebelum bertindak. Kemudian melakukan pendekatan coaching kepada anak-anak yang merokok, termasuk pada ibu-ibu.

Apa keputusan yang akan Anda ambil?

Berdasarkan moralitas, saya akan menyampaikan pada para ibu pentingnya peduli apda aktifitas negatif anak-anak. Kemudian menghentikan kegiatan merokok anak-anak secara santun.

Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.

Jika ini terjadi pada diri saya, atau keluarga saya, dan saya biarkan begitu saja tentu akan membawa dampak jangka pendek dan jangka panjang.

Dari kesembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan, apakah ada langkah-langkah yang Anda anggap  lebih penting daripada langkah lainnya, mengapa?

Ya, ada. Uji intuisi, karena ini terkait dengan perasaan, psikis dan emosi.

Selain kesembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan tersebut, menurut Anda apa lagi yang sebaiknya dilakukan oleh pemimpin pembelajaran dalam memastikan keputusannya adalah keputusan yang tepat?

Melakukan pendekatan sosial dan emosional serta pendekatan coaching.

Share:
Lokasi: Jl. Nusantara No.69A, Bombongan, Kec. Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91811, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia