Selasa, 26 April 2022

Refleksi Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Rapat Perumusan dan Penyusunan Visi Misi SMAN 5 Tana Toraja sebagai salah satu kegiatan Komunitas Praktisi di sekolah.


Komunitas Praktisi SMAN 5 Tana Toraja telah menjadi wadah yang memberi dampak positif dalam melakukan kampanye pembelajaran yang berpihak pda murid. Selain itu, lewat komunitas ini, saya bersama dua rekan Calon Guru Penggerak, menjadikannya sebagai tempat berkumpul bagi rekan-rekan guru di sekolah untuk sama-sama belajar tentang Kurikulum Merdeka.

Menjalankan tugas sebagai guru yang melakukan perubahan tentunya tak lepas dari berbagai kendala. Kesiapan murid dalam melakukan hal-hal yang baru sedikit banyak ikut berpengaruh. Demikian halnya dengan kesiapan rekan sejawat. Tentu tidak semua bisa langsung menerima dan melakukannya.

Bagi siswa, menggunakan ragam aplikasi online untuk pembelajaran tidak selamanya sesuai harapan. Walupun sekolah saya berada di tengah kota Makale, Tana Toraja, bukan berarti bahwa semua murid memiliki akses ke internet. Seperti yang terjadi pada kelas saya di kelas XI Bahasa. Saya mencoba menggunakan aplikasi online Classpoint untuk memberikan suasana baru dalam belajar Bahasa dan Sastra Inggris. Awalnya berjalan dengan baik, namun pada bagian ketiga, jaringan internet bagi sebagian besar murid tidak maksimal sehingga beberapa fitur mengirimkan jawaban singkat dan gambar tidak berjalan maksimal. Akhirnya, mereka menawarkan untuk belajar menggunakan aplikasi yang pernah membuat kelsa gaduh, yaitu KAHOOT!. Saya menyanggupinya, dan murid-murid pun menanggapi dengan positif.

Perumusan dan Penyusunan Visi dan Misi UPT SMAN 5 Tana Toraja kami lakukan minggu ini, tepatnya pada hari Rabu 20 April 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X, Pengawas Satuan Pendidikan, Pengurus Komite Sekolah, dewan guru dan pengurus OSIS. Rapat perumusan visi dan misi sekolah begitu banyak rekan guru yang hadir. Kami selaku CGP mendapat tugas mendampingi tiap kelompok. Saya bangga, ini di laur dari ekspektasi saya. Bahkan kegiatan kami berlangsung hingga hampir magrib dan harus diperpanjang lagi waktunya dalam satu kali pertemuan minggu depan. Dalam rangka mendapatkan rumusan visi yang berpihak pada murid, semua peserta rapat dibagi atas tiga kelompok besar untuk merumuskan visi sekolah. Saya memberikan masukan terkait pengambilan kata-kata kunci untuk visi sekolah. Ada nilai-nilai kebajikan dan Profil Pelajar Pancasila. Ketika pemaparan dari setiap kelompok, ternyata berlangsung alot dengan asumsi dan pandangan beragam. Ada satu kata sakral dalam visi sekolah yang harus kami tiadakan ke depan, yakni kata disiplin. Alasannya adlah visi ini telah ada selama 15 tahun dan disiplin telah tercapai serta telah menjadi budaya positif di sekolah sehingga perlu visi baru yang lebih membangun dan berpihak pada murid. Tidak mudah melakukannya karena sekolah saya menganut sistim pemberian poin pelanggaran. Tapi setelah kami berembuk dan menelaahnya, akhirnya kami sampai pada satu kata visi, yakni kompetitif.

Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran hadir dalam aktivitas ini. Keputusan saya menggunakan Classpoint belum maksimal, jadi tidak baik jika saya paksakan di kelas. Kemudian, ketika menerima saran dari murid saya demi kelancaran pembelajaran dan itu saya laksanakan adalah wujud saya mengambil keputusan untuk kebaikan belajar mereka.

Demikian halnya proses yang terjadi selama rapat perumusan visi dan misi sekolah. Tercapainya kesepakan juga ditopang oleh pemahaman tersirat terkait prinsip pengambilan keputusan. Besar harapan saya kondisi seperti ini selalu terjadi dalam kegiatan di kelas dan komunitas.

Share:
Lokasi: Jl. Nusantara No.69A, Bombongan, Kec. Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91811, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia