Senin, 15 Maret 2021

Jejak Dalam Gambar: Memetik Rupiah di Atas Awan (1)

Memetik Cengkeh

Memetik cengkeh adalah aktifitas rutin setiap tahun yang saja jalani beberapa tahun lalu. Kalau berhitung waktu, nostalgia indahnya 2o tahunan yang lalu. Tepatnya waktu masih duduk di bangku SMP hingga SMA. 

Masa panen cengkeh biasanya di bulan Agustus hingga akhir November setiap tahun. Pada waktu tersebut para petani menyebutnya panen raya. Awal tahun 2000-an adalah era di mana rupiah di atas awan ini mulai memasuki masa indahnya. Harganya mulai memanjakan para petani cengkeh kembali. Dengan kisaran Rp 28.000-Rp 30.000 saat itu sudah sangat membantu dan menggeliatkan petani untuk merawat pohon-pohon cengkeh mereka.








Cengkeh yang saya petik ini adalah satu-satunya pohon cengkeh kategori subur yang masih setia menopang uang sekolah saya dulu hingga kini. Walaupun hanya beberapa kilo hasil cengkeh keringnya, namun sangat berjasa membantu pendidikan saya dulu.

Hoammmmmm...aduh mengantuk nih.... 

Mata sudah berat....

Akan saya lanjutkan ... kemudian.....

Share:
Lokasi: Salubarani, Gandang Batu Silanan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Blog Archive

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia