Kamis, 16 Juli 2020

Merancang Pembelajaran Jarak Jauh

Situasi pandemi virus korona yang belum berakhir hingga dengan sendirinya membuat satuan pendidikan harus berbenah. Dalam hal ini, merancang sistim pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ menjadi cara paling efektif untuk tetap melangsungkan proses pembelajaran.

Terdapat beragam cara bisa digunakan untuk efektifitas PJJ. Pertama, satuan pendidikan menyusun dan menetapkan jadwal pelajaran. Tentunya jadwal ini tidak sama dengan jadwal pelajaran seperti biasanya. Jika memungkinkan, jadwal yang dibuat langsung menyesuaikan dengan kondisi kesiapan setiap guru. Artinya, guru-guru harus dipastikan terlebih dahulu apakah siap melakukan PJJ daring/online atau tidak. Selain itu, sekolah telah mengetahui kesiapan setiap peserta didik terkait PJJ secara online. Sekolah telah memetakan setiap kelas yang mampu menjalani PJJ online dan konvensional. Karena tidak menutup kemungkinan ada siswa yang tidak mampu ikut PJJ online. Jadi, jadwal sangat penting di sini.

Kedua, sekolah memastikan dukungan fasilitas untuk PJJ. Daya kuota internet tersedia untuk semua guru dan siswa. Kuota internet ini pengadaannya bisa mandiri dari tiap guru dan siswa, atau sekolah menyiapkannya lewat dana BOS. 

Ketiga, guru merancang modul pembelajaran untuk siswa, sekaligus RPP. Dalam satu Kompetensi Dasar, modul terbagi atas tiga kegiatan belajar atau RPP. Poin penting di sini adalah guru harus menentukan tujuan pembelajaran  yang hendak dicapai selama PJJ pada setiap KD.

Keempat, guru menyiapkan konten pelajaran yang menarik untuk siswa. Guru menggunakan yang simpel saja, yakni materi dalam slide power point. Agar menarik, tambahkan animasi pada slidenya. 

Kelima, guru menyiapkan video tentang teori/konsep pelajaran. Agar lebih menarik, guru bersangkutan sebaiknya yang menjadi pengisi suara dalam video. Ini bertujuan untuk membangun hubungan emosional antara siswa dan guru. Selain itu, bisa mengobati kerinduan siswa untuk bertemu gurunya. Durasi video singkat saja antara 3-5 menit. Guru boleh menambahkan satu pertanyaan reflektif dalam video untuk merangsang siswa mengaitkan konsep yang mereka tonton dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Keenam, guru menyiapkan rubrik penilaian selama PJJ. Tapi ingat, penilaian tidak boleh dipaksakan, bahwa harus ada, harus selesai, jika tidak selesai, ada sanksi. Paling penting adalah merangsang siswa untuk mau berpartisipasi dalam pelajaran selama PJJ.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia