Selasa, 31 Mei 2022

Refleksi Minggu ke-24, Pendidikan Guru Penggerak, Sabtu 28 Mei 2022

Refleksi Minggu ke-24, Sabtu 28 Mei 2022

Persiapan Penilaian Akhir Semester Genap tahun pelajaran 2021-2022 masih berlangsung minggu ini. Khusus pada bidang studi yang saya ampuh, Bahasa Inggris masih berproses. Ada 5 jenis soal dan perangkatnya yang saya siapkan. Dua jenis soal mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas X dan kelas XI; dua jenis soal untuk mata pelajaran Bahasa Inggris Peminatan untuk kelas X dan XI; dan 1 jenis soal untuk mata pelajaran Bahasa Inggris Lintas Minat kelas X.

Adapun Penilaian Akhir Semester di sekolah saya dilakukan menggunakan Google Form. Semua guru sudah bisa mengupload soal di Google Form. Tambahan pula, mereka telah memahami fitur dari akun belajar.id yang mereka gunakan sebagai email masuk ke Google Form.

Minggu ini saya mendapat tugas mewakili kabupaten Tana Toraja di jenjang SMA untuk mengikuti kegiatan Seleksi Guru Pembelajaran Smart School di Makassar. Sesuai surat undangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, saya akan berada di Makassar selama 3 hari, dari hari Senin-Rabu. Informasi ini pun sudah saya sampaikan ke kelas-kelas yang saya ajar.

Pada hari Senin, 23 Mei 2022, saya masih menyempatkan diri ke sekolah. Ada satu kegiatan pokok yang harus saya jalankan, yaitu sinkronisasi server Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten. Ada 42 siswa di sekolah yang akan mengikuti lomba ini secara online.

Disamping sinkronisasi server, saya juga menyempatkan masuk ke kelas X IBB. Tepat pukul 07.00 wita, setelah menyalakan computer server dan computer client di lab Bahasa, saya melangkahkan kaki ke kelas X IBB. Sebelum saya ke sana, 4 murid sebelumnya mengunjungi saya ke lab. Mereka bertanya, apakah bisa menggunakan HP selama belajar Bahasa Inggris. Saya mengiyakan, dan mereka menyambung, bolehkah menggunakan satu HP per kelompok. Saya membalas, “Sesuai kesepakatan kelas kalian.”

Demikian pembicaraan singkat kami. Dalam pertemuan di kelas, saya memandu mereka untuk kembali menekankan kesepakatan kelasnya. Kemudian mereka duduk pada kelompok yang telah mereka sepakati pada pertemuan sebelumnya. Topik pembahasan adalah lirik lagu Bahasa Inggris dengan tujuan pembelajaran yang juga telah mereka usulkan, yakni memahami tenses yang digunakan pada lirik lagu. Adapun lirik lagu yang mereka bahas adalah lirik lagu yang telah di sepakati di kelompoknya.

Setelah selesai dengan siswa di kelas, saya kembali ke lab Bahasa untuk melanjutkan sinkronisasi server. Sebelum pukul 09.00 wita sinkronisasi pun selesai dengan baik. Selanjutnya, saya memandu dua rekan guru untuk mengoperasikan server dan client selama saya ada di Makassar.

Memastikan persiapan OSNK dan kegiatan pembelajaran di kelas telah berjalan dengan baik, saya pun pamit untuk pergi ke Makassar. Perjalanan saya tempuh kurang lebih 7 jam. Berangkat jam 10.15 dari Makale, Tana Toraja dan masuk kota Makassar pukul 17.45 wita. Saya sampai di lokasi kegiatan di Grand Asia Hotel pukul 18.10 wita.

Kegiatan Smart School di Grand Asia Hotel, Makassar. Sumber. Dok. Pribadi


Selama di Makassar saya mengikuti kegiatan seleksi lewat presentasi di dalam studio mini. Proses berjalan dengan baik dan lancar.

Hari Rabu siang saya minta izin ke panitia kegiatan untuk cepat keluar dari hotel oleh karena ada kegiatan sosialiasi penerapan Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pinrang. Perjalanan Makassar-Pinrang saya tempuh 3,5 jam. Kegiatan saya ikuti dengan baik. Ditemani pak Mustari selaku wakasek kurikulum saya melanjutkan perjalanan ke Makale, Tana Toraja disertai hujan deras sepanjang perjalanan.

Pendampingan siswa pada lomba storytelling. Sumber: dok. pribadi


Hari Sabtu, saya mendampingi dua siswa mengikuti lomba Storytelling di Aula Universitas Kristen Indonesia Toraja. Oleh karena pada waktu yang hamper bersamaan dengan kegiatan lomba, saya juga diundang menghadiri Musyawarah  Kabupaten IV Asosiasi Pengawasa Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Tana Toraja di aula Kantor Kemenag Tana Toraja, maka seizin kepala sekolah saya mengajar guru BK untuk membantu saya mendampingi siswa di lomba.

Semua aktifitas ini sangat berkaitan erat dengan pemanfaatan sumber daya. Pada modal manusia, saya bisa memaksimalkan potensi pada siswa di kelas dan potensi pada guru di OSNK. Selama di Makassar saya bisa menjalani kegiatan dengan baik karena memaksimalkan potensi pada diri saya dan kolaborasi dengan orang lain. Ini tentunya sangat membahagiakan saya dan terus memotivasi saya untuk belajar lebih jauh lagi tentang pemanfaatan sumber daya.


Share:
Lokasi: Jl. Nusantara No.69A, Bombongan, Kec. Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91811, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia