Rabu, 10 November 2021

REFLEKSI MINGGU 3 - PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 4

JURNAL REFLEKSI MINGGUAN 3

Poster Presentasi Nilai dan Peran Guru Penggerak


Facts

Materi belajar pada minggu ini menghadirkan sesuatu yang baru bagi saya yakni pembentukan nilai diri. Ternyata nilai diri ini tidak terjadi serta-merta, tidak terbentuk secara alamiah saja. Pembentukan nilai diri harus diusahakan secara sadar. Menjadi teladan bagi siswa, rekan guru dan lingkungan masyarakat tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari posisi seorang guru. Keteladanan harus berproses secara sadar dan sengaja. Dalam kaitannya dengan keteladanan, guru perlu memiliki pertimbangan moral dalam setiap pengambilan keputusannya dalam menghadirkan nilai-nilai kebaikan bagi siswanya.

Saat mengajarkan teks narasi di kelas XI Bahasa, terdapat pembahasan tentang karakter tokoh utama. Karakter terkait dengan perilaku. Di sini saya menuntun siswa menyusun naskah cerita berdasarkan karakter/perilaku pda diri mereka sendiri. Karakter pelaku utama dalam naskah cerita yang mereka susun adalah mewakili karakter mereka. Nama tokoh utama bisa menggunakan nama lain, namun karakter dan alur cerita terkait dengan dirinya.

Dalam konteks pembelajaran ini, saya mencoba menjadikan lingkungan/diri fisik dan psikis siswa sebagai sumber belajar untuk menggali karakter mereka dalam sebuah naskah cerita sederhana.

Pembelajaran di Pendidikan Guru Penggerak minggu ini sedikit terkendala oleh kegiatan tugas pokok di sekolah. Saya sedikit kerepotan dalam menyusun skala prioritas pelaksanaan kegiatan. Tapi saya tetap bahagia menjalaninya karena ini merupakan bagian dari pembentukan karakter, pengambilan keputusan dan proses mengenali, membentuk diri saya menjadi lebih baik lagi.

Feelings

Mengeksplorasi konsep Peran dan Nilai Guru Penggerak secara mandiri telah membuat saya tertantang untuk menerapkan setiap poin pada peran dan nilai tersebut. Di kegiatan ini, pikiran saya mulai terbuka akan pentingnya hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak.  Ketiganya adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan, saling melengkapi satu sama lainnya. Profil Pelajar Pancasila akan tercapai jika diterapkan nilai-nilai guru penggerak selama menjalani peran sebagai guru.

Terkait jika ada rekan guru ataupun kepala sekolah yang kurang mendukung saya dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak, di pelajaran ini saya mendapat petunjuk untuk menggunakan pengetahuan saya terkait nilai dan peran seorang Guru Penggerak. Sejumlah pengetahuan berharga yang bisa saya lakukan di sekolah adalah memahami, menerima dan menghargai setiap karakteristik individu guru maupun kepala sekolah. Selain itu sayaakan tetap menjalin kolaborasi dengan mereka serta tetap memelihara motivasi dalam diri saya untuk tetap bergerak membuat perubahan. Perubahan itu tentunya dimulai dari diri saya sendiri dan praktek baiknya di dalam kelas yang saya ajar.

Findings

Dari proses belajar minggu ini saya mendapatkan hal baru akan pentingnya seorang guru memiliki nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Nilai-nilai ini sangat membantu guru dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran, penggerak komunitas praktisi, pelatih bagi guru lain, pendorong kolaborasi antar guru dan pendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah. Nilai dan peran ini telah nampak pada sejumlah aktifitas yang pernah saya lakukan, diantaranya:

  1. Pengkondisian lingkungan belajara siswa
  2. Menjadikan lingkungan dan budaya siswa sebagai sumber belajar
  3. Menjadi narasumber pada pelatihan di komunitas
  4. Membimbing guru menggunakan fasilitas Google for Education
  5. Membimbing guru/dosen menulis buku
  6. Berbagi RPP dan artikel di website/blog
  7. Melakukan kerjasama dengan guru membuat video pembelajaran
  8. Melakukan kolaborasi menulis buku
  9. Implementasi kelas terbalik selama program belajar dari rumah (BDR) dan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Future

Dalam kaitannya dengan tugas dan tanggunjawab sebagai guru di sekolah serta sebagai guru penggerak; di masa akan datang; baik dalam kelas, lingkungan sekolah, komunitas dan masyarakat; beberapa hal ini akan menjadi aksi/tindakan yang akan saya lakukan, antara lain:

  • Mengenali dan memahami keunikan/karakteristik siswa saya untuk memaksimalkan layanan pembelajaran.
  • Melakukan inovasi penerapan konsep
  • Menuntun siswa membuat keputusan
  • Membuat Google Classroom untuk guru-guru
  • Melibatkan diri dalam berbagai kegiatan komunitas
  • Menjadi trainer
  • Melatih lebih banyak guru untuk menulis buku
  • Berbagi konten/praktik baik pembelajaran
  • Menerima dan menghargai setiap karakter yang berbeda
  • Melayani setiap kebutuhan guru
  • Memberi semangat kepada siswa untuk membangun percaya diri mereka
  • Membimbing siswa untuk kreatif dan mandiri

Share:
Lokasi: Jl. Nusantara No.69A, Bombongan, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91811, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia