Kamis, 06 Mei 2021

Penghargaan Guru Berprestasi Jenjang SMA Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021

Penyerahan Piagam Penghargaan Guru Berprestasi kepada Sekolah. Sumber: Dok. Pribadi.
 

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 menjadi momen penuh makna bagi saya. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pendidikan memberikan penghargaan kepada sejumlah kepala sekolah, guru dan siswa. Pada kategori guru jenjang SMA saya menjadi salah satu guru yang mendapat penghargaan sebagai Guru Berprestasi. 

Bagi saya, apresiasi ini sangat berkesan. Meraihnya tidak mudah dan tentunya telah melalui proses yang sangat panjang. Tidak mudah bukan karena saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 600 km PP untuk menerima penghargaannya. 

Menengok kembali ke belakang sepanjang pandemi Covid-19, banyak hal tak terduga yang telah terjadi dalam hidup saya yang sangat menguji kesabaran dan mental. Mulai dari tetap setia mengajar jarak jauh tanpa meninggalkan jam pelajaran. Mengikuti berbagai pelatihan dan seminar online hingga memperoleh beberapa tanda pencapaian lomba-lomba individual.

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa; PGRI, YPTD, Komite Sekolah, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, rekan-rekan guru di UPT SMAN 5 Tana Toraja dan keluarga serta semua sahabat yang telah banyak memberi motivasi dalam menjalankan tugas dan berkarya. 

Ucapan yang sama untuk Penerbit ANDI Yogyakarta, Prof. Richardus Eko Indrajit, Omjay, bapak Thamrin Dahlan atas kesempatan yang diberikan untuk menulis dan menerbitkan buku. Tak lupa saya menyampaikan "Gracias" untuk semua sahabat keren saya di dunia maya dalam Tim Omjay dan YPTD.

Proses awal hadirnya apresiasi ini adalah aktifnya saya di berbagai kegiatan PGRI. Kegiatan Belajar Menulis yang dikomandani oleh bapak Wijaya Kusumah (Omjay) dan bapak Thamrin Dahlan di YPTD adalah penyumbang kreatifitas terbesar. Betapa tidak beberapa buku telah berhasil terbit oleh karena pelatihan ini. Buku-buku tersebut secara tidak langsung telah menjadi stimulus bagi saya untuk berkarya di bidang pendidikan.

Saya berterima kasih kepada segenap siswa-siswi UPT SMAN 5 Tana Toraja yang telah bersama-sama dengan saya dalam proses pembelajaran selama ini. Apresiasi ini ada oleh karena ketekunan mereka dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris dan Bahasa & Sastra Inggris. 

Penghargaan ini saya persembahkan untuk semua sahabat-sahabatku para guru yang telah memberikan diri untuk melayani pendidikan. Secara khusus bagi rekan-rekan guru di Kabupaten Tana Toraja yang melayani di wilayah "utopia", wilayah tanpa akses transportasi, listrik dan internet. Pelayanan mereka adalah sebuah prestasi dalam pengabdian menyebarluaskan ilmu kehidupan.  Namun, pelayanan mulia mereka tidak terdeteksi oleh pemangku kepentingan. 

Saya didampingi oleh Dra. Frida Pakanan (Pengawas Sekolah) dan Drs. Marthen Leme Piri, M.Pd. (Kepala UPT). Sumber: Dok. Pribadi.

Share:
Lokasi: Jl. Nusantara No.69A, Bombongan, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91811, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Promo Buku

Promo Buku
Bisa pesan langsung ke Penerbit ANDI Offset atau lewat Penulis (Klik Gambar).

Personal Contact Information

E-mail: romapatandean@gmail.com
HP: 081355632823

About Me

Foto saya
Be proud of the imperfection. It is the true guide to the ultimate welfare of the soul.

YouTube Roma Patandean

Followers

Visitors

Free counters!

Update COVID-19 di Indonesia